Senin, 19 Maret 2012

Tahap-tahap Pembuatan Media Usaha Kecil Jamur Merang

Dalam pembuatan media budidaya jamur ini diperlukan tahap-tahap untuk digunakan sebagai tempat penanaman jamur merang. Tahap-tahap tersebut dapat disampaikan sebagai berikut ini:

Bahan-bahan seperti bambu, tali dan paku yang digunakan untuk membuat kerangka media jamur merang. Bambu disusun sedemikian rupa sehingga membentuk kerangka seperti yang terdapat gambar dibawah ini, kerangka ini dibuat dengan lima susun (berlantai lima ), jarak antar lantai tingginya 1 meter, sedangkan ukuran kerangka bangunan ini ialah: panjang 9 meter dan lebar 6 meter.

Untuk sisi-sisinya dibuat tangga guna memudahkan dalam penanaman, pemanenan, dan perawatan jamur dalam masa-masa penaburan bibit jamur merang. Setelah terbentuk rangka, tutuplah kerangka tersebut dengan plastik hingga rapat, dan buatlah masing-masing sisi dan masing-masing lantai beberapa jendela guna mempercepat proses pendinginan ruangan setelah dilakukan proses penguapan. Sedangkan bagian atas juga dilakukan penutupan dengan plastik. Setelah rangka tertutup semua dengan plastik, maka tutuplah bagian luarnya dengan daun-daun agar tidak langsung terkena sinar matahari. Masing-masing sisi diberi pintu, lebih jelasnya dapat anda lihat gambar disamping kiri. Pintu dibuat dua semua tertutup oleh plastik.




SUMBER @ http://usahakeciljamurmerang.blogspot.com